About

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA (SOAL KELAS 6 SD/MI)

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA (SOAL KELAS 6 SD/MI)

Soal penilaian harian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia semester ganjil kelas 6 SD/MI. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan dan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan.

Berikut contoh soal penilaian harian Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI :

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF A, B, C, ATAU D YANG PALING TEPAT DI LEMBAR JAWABAN YANG TELAH DISEDIAKAN !

1. Inti permasalahan yang dibahas dalam suatu paragraph atau teks adalah . . .
        a. ide pokok
        b. kalimat utama
        c. awal paragraph
        d. akhir paragrap

Baca juga : Penilaian Harian Bahasa Indonesia Tema 6 Kelas 5 SD/MI

2. Suatu laporan berisi informasi tentang suatu hal atau kejadian yang diamati, meliputi . . .
        a. waktu, tempat, fakta
        b. waktu, tempat, hingga proses
        c. waktu, tempat, biaya
        d. waktu, tempat, tanggal

3. Tulisan yang dibuat berdasarkan hasil penelitian atau pengamatan secara langsung adalah . . .
        a. cerita
        b. puisi
        c. laporan
        d. diskusi

4. Paragraf dengan kalimat utama diawal paragraf adalah . . .
        a. fiktif
        b. non fiktif
        c. induktif
        d. deduktif

5. Kesimpulan dapat dibuat dengan mengambil . . . atau informasi penting dari teks.
        a. inti sari
        b. awal kalimat
        c. akhir kalimat
        d. inti cerita

6. Setelah membaca teks, dapat mengetahui dan menentukan . . .
        a. akhir kalimat
        b. kesimpulan
        c. paragraf
        d. tema

7. Paragraf dengan kalimat utama diakhir kalimat adalah . . .
        a. fiktif
        b. deduktif
        c. induktif
        d. non fiktif

8. Mencermati laporan dapat dilakukan dengan dua cara adalah . . .
        a. menulis saksama, membaca saksama
        b. menulis saksama, menyimpulkan saksama
        c. menyimpulkan saksama, menyimak saksama
        d. membaca saksama, menyimak saksama

Baca juga : Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI

9. Kalimat yang dibuat sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah . . .
        a. efektif
        b. efisien
        c. kolektif
        d. faktual

10. Suatu laporan berisi informasi tentang suatu hal atau kejadian yang . . .
        a. di lihat
        b. diamati
        c. di baca
        d. ditulis

B. ISILAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !

11. Gambaran atau sketsa yang dibuat untuk menerangkan suatu hal adalah  .  .  .

12. Laporan dibuat berdasarkan  .  .  .  bukan berdasarkan imajinasi penulis.

13. Kalimat utama tersebut dapat dijumpai   .   .   .  kalimat atau   .   .   .   kalimat

14. Kalimat efektif harus menggunakan kata  .  .  .   dan ejaan sesuai pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

15.  Di Indonesia, padi menempati urutan pertama sebagai sumber bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat. Beberapa daerah penghasil padi terbesar di Indonesia, antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Utara.

Kalimat utama dan ide pokok pada setiap paragraf dari laporan diatas   .   .  .

Baca juga : Soal PPKN Kelas 4 SD/MI

C.  JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAN BERIKUT SECARA BENAR DAN TEPAT

16. Sebutkan 3 hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kesimpulan ?

17.  Jagung dapat tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Kekayaan unsur tanah dan iklim tropis di Indonesia membuat jagung dapat diproduksi dengan baik.

Bacalah teks berikut! Setelah itu, tentukan ide pokok dan kesimpulan setiap paragraph!

18. Sebutkan 3 ciri-ciri kesimpulan teks yang baik ?

19. Perhatikan informasi-informasi berikut !
        a. Padma raksasa atau yang dikenal sebagai bunga Rafflesia arnoldi
        b. Tumbuhan tersebut merupakan salah satu puspa langka dari tiga bunga Nasional Indonesia.
        c. Rafflesia arnoldi adalah identitas Provinsi Bengkulu
        d. Rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan parasite yang tumbuh pada batang liana.

        Buatlah paragraph berisi laporan hasil pengamatan berdasarkan informasi diatas !
        Rangkailah dengan kalimat runtut dan padu !

20. Penyu merupakan hewan yang hidup sejak 145 hingga 208 juta tahun yang lalu, seusia dengan dinosaurus. Mereka telah bertahan dari berbagai ancaman alamiah dengan cara berevolusi dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan disekeliling mereka. Saat ini, terdapat tujuh jenis penyu di dunia, enam di antaranya terdapat di Indonesia. Di Indonesia, stasiun penetasan terdapat di pantai selatan Jawa Barat (Pangumbahan), pantai selatan Bali, Kalimantan Tengah, pantai Lombok, dan Jawa Timur. Namun, mereka terancam punah, karena kehancuran habitat, penangkapan dan perdagangan illegal, juga karena eksploitasi lingkungan yang berbahaya.

a. Tuliskan 3 informasi penting yang kamu ketahui dari paragraf teks tersebut!

b. Sebutkan 3 ancaman kepunahan yang terjadi pada penyu?


Bagi yang ingin soal penilain harian Bahasa Indonesia kelas 6 SD/MI silahkan download di bawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel