About

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 KELAS 5 SD/MI

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 KELAS 5 SD/MI

Penilaian harian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) kelas 5 SD/MI dengan materi : peta pikiran, teks nonfiksi dan teks fiksi, penilaian harian ini dilakukan di semester genap. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan dan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan.

Berikut contoh soal penilaian harian Bahasa Indonesia Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) kelas 5 SD/MI :

I. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF a, b, c ATAU d YANG KAMU ANGGAP PALING TEPAT !

1. Teks nonfiksi adalah sebuah tulisan yang dihasilkan berdasarkan cerita. . .
        a. Imajinasi
        b. Nyata
        c. Khayalan
        d. Tidak nyata 


2. Yang tidak termasuk contoh teks nonfiksi adalah . . .
        a. Tulisan sejarah
        b. Biografi
        c. Dongeng
        d. Karya ilmiah

3. Untuk mengetahui proses peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam teks nonfiksi adalah . . .
        a. Menguraikan secara rinci
        b. Membuat sketsa gambar
        c. Membaca judul teks cerita
        d. Membaca secara saksama 

4. Teks fiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan . . . penulis
        a. Imajinasi
        b. Kenyataan
        c. Fakta
        d. Sejarah  

5. Yang tidak termasuk contoh teks fiksi adalah . . .
        a. Cerita bersambung
        b. Dongeng
        c. Cerita pendek
        d. Tulisan sejarah

6. (1) Peristiwa utama
        (2) Peristiwa penutup cerita
        (3) Peristiwa pembuka
        Urutan yang benar dalam peristiwa-peristiwa teks fiksi adalah . . .
        a. 3, 1, 2
        b. 1, 2, 3
        c. 3, 2, 1
        d. 2, 3, 1

7. (1) Bacalah teks dengan saksama
        (2) Pahami pernyataan umum terlebih dahulu
        (3) Memberi warna agar menarik
        (4) Pahami informasi penjelas dan pendukung
        (5) Pahami kesimpulan teks tersebut
        Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menemukan informasi penting adalah nomor . . .
        a. 1, 2, 3, 4
        b. 1, 2, 4, 5
        c. 2, 3, 4, 5
        d. 1, 2, 3, 5

8. Untuk membuat peta pikiran, hal yang perlu dilakukan adalah . . . .
        a. Menebalkan sketsa yang sudah dibuat
        b. Menunjukkan urutan dari setiap gambar
        c. Menentukan ide pokok dari teks yang disajikan
        d. Menentukan peristiwa akhir dari teks cerita

Baca teks berikut ini!
Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

9. Teks di atas adalah contoh teks . . .
        a. Imajinasi
        b. Rekaan
        c. Fiksi
        d. Nonfiksi 

Baca teks berikut ini!
Pada suatu hari, Beri si Beruang melihat ke dalam mata air. Beri mengeluh, “Sepertinya air di mata air ini semakin sedikit saja. Pasti bangsa semut terlalu banyak mengambil air!” Beri lalu menundukkan kepala, melihat ke tanah dengan teliti. Ah, ia melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci mungil di pundak. 
“Berhenti, semut!” teriaknya. “Aku tak akan membiarkanmu mengambil air di sumber airku lagi. Kamu sudah terlalu banyak mengambil air.  Berhenti atau kucakar kau!” ancam Beri Beruang. yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

10. Teks di atas adalah contoh teks . . .
        a. Nonfiksi
        b. Fiksi
        c. Eksplanasi
        d. Biografi

Baca juga : Penilaian Harian Bahasa Indonesia Tema 7 Kelas 5 SD/MI
II.    JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI !

Bacalah teks berikut ini!

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga  belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana.  Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.

Lengkapilah peta pikiran di bawah ini!
PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 KELAS 5 SD/MI


Bacalah teks berikut ini!
Rumah Betang Uluk Palin
Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah betang ini berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan memiliki 53 bilik rumah. Menurut data pada tahun 2007, rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. Tidak diketahui persis pada tahun berapa rumah betang ini pertama kali dibangun. Namun, diperkirakan rumah ini pertama kali didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an. Kemudian, rumah betang ini pernah diperbaiki pada 1940-an karena kebakaran. Rumah betang ini juga telah tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat erosi.
Dalam tradisi Dayak, rumah betang—dan hutan—adalah pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan. Seperti jika kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak. Bagi mereka, rumah betang juga merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. Rumah betang adalah kekayaan budaya Indonesia. 

Tuliskan peristiwa pada teks di atas dalam diagram berikut ini!
PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 KELAS 5 SD/MI



Bagi yang ingin soal penilaian harian Bahasa Indonesia Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Kelas 5 SD/MI silahkan download di bawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel