About

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 KELAS 5 SD/MI

PENILAIAN HARIAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 KELAS 5 SD/MI

Penilaian harian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia  Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) kelas 5 SD/MI dengan materi : teks narasi, ide pokok dan surat undangan, penilaian harian ini dilakukan di semester genap. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan dan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan.

Berikut contoh soal penilaian harian Bahasa Indonesia Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) kelas 5 SD/MI : 

I. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF a, b, c ATAU d YANG KAMU ANGGAP PALING TEPAT !

1. Teks yang membahas peristiwa sejarah berdasarkan fakta yang terjadi disebut teks …
        a. Narasi sejarah
        b. Eksplanasi
        c. Deskripsi sejarah
        d. Eksplorasi sejarah  

Baca juga : Penilaian Harian Bahasa Indonesia Tema 6 Kelas 5 SD/MI

Bacalah paragraf ini untuk pertanyaan nomor 2 dan 3!

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

2. Ide pokok pada paragraf di atas terletak pada . . . . paragraf
        a. Awal
        b. Tengah
        c. Akhir
        d. Awal dan akhir

3. Pertanyaan yang tidak tepat untuk paragraf di atas adalah . . .
        a. Siapa yang pertama kali tiba di Indonesia?
        b. Dimana pertama kali Belanda tiba di Indonesia?
        c. Kapan Spanyol tiba di Indonesia?
        d. Mengapa Inggris datang ke Indonesia?    

4. Informasi pada teks narasi dapat dikelompokan menggunakan kata . . .
        a. Seru
        b. Tanya
        c. Kerja
        d. Penghubung  

5. Di bawah ini yang bukan cara menggali informasi dari teks narasi sejarah adalah . . .
        a. Membaca teks dengan cermat
        b. Menggarisbawahi gagasan pokok setiap paragraf
        c. Tuliskan persamaan dan perbedaan dalam tabel
        d. Menjawab pertanyaan yang diberikan menggunakan jawab dari pertanyaan yang diajukan

6. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan saat terjadinya peristiwa adalah...
        a. Bagaimana
        b. Mengapa
        c. Apa
        d. Siapa

7. Surat undangan adalah surat yang berisi . . . . perorangan atau sekelompok orang untuk menghadiri acara
        a. Perintah
        b. Ajakan
        c. Keadaan
        d. Tugas

8. Di bawah ini yang bukan jenis-jenis undangan adalah undangan . . . .
        a. Setengah resmi
        b. Resmi
        c. Tidak sah
        d. Tidak resmi

9. Contoh undangan setengah resmi adalah . . .
        a. Undangan rapat dari RT
        b. Undangan acara ulang tahun
        c. Undangan rapat dari sekolah
        d. Undangan pernikahan

10. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri undangan tidak resmi adalah . . .
        a. Tidak memakai kepala surat
        b. Bentuk surat boleh tidak standar
        c. Ada nomor surat
        d. Dapat menggunakan bahasa baku dan tidak baku

Baca juga : Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI

II.    JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI !

11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa adalah . . . .

12. Surat undangan resmi yaitu undangan yang mengatasnamakan sebuah . . . .

13. Tuliskan bagian-bagian/ciri-ciri dari surat undangan resmi!

Bacalah paragraf ini untuk pertanyaan nomor 14 dan 15!

Pada masa kepemimpinan Johanes Van Den Bosch, Belanda memperkenalkan sistem tanam paksa. Sistem tanam paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa. Di Sumatra Barat, sistem tanam paksa dimulai sejak tahun 1847. Saat itu, penduduk yang telah lama menanam kopi secara bebas dipaksa menanam kopi untuk diserahkan Kepada pemerintah kolonial. Sistem yang hampir sama juga dilaksanakan di tempat lain seperti Minahasa, Lampung, dan Palembang. Kopi merupakan tanaman utama di Sumatra Barat dan Minahasa. Adapun lada merupakan tanaman utama di Lampung dan Palembang. Di Minahasa, kebijakan yang sama kemudian juga berlaku pada tanaman kelapa.

14. Tentukan ide pokok dari paragraf tersebut!

15. Buatlah 2 pertanyaan dan jawaban dari paragraf di atas!


Bagi yang ingin soal penilaian harian Bahasa Indonesia Tema 7 (Peristiwa dalam KehidupanKelas 5 SD/MI silahkan download di bawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel