About

KI KD PAI DAN BAHASA ARAB KMA 183 (MADRASAH IBTIDAIYAH)

KI KD PAI DAN BAHASA ARAB KMA 183 (MADRASAH IBTIDAIYAH)

Kompetensi Inti (KI) dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi inti 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan ketrampilan (kompetensi inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar (KD) dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi inti kelompok 3) dan ketrampilan (kompetensi Inti kelompok 4).

Berikut contoh kompetensi inti :

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar (KD) adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. KMA nomor 183 tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab bertujuan untuk menyiapkan generasi yang siap menghadapi zamannya dan mewariskan budaya karakter bangsa. KI KD PAI dan Bahasa Arab yang sesuai KMA 183 untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang terdiri dari mata pelajaran Bahasa Arab, Al-Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih dan SKI. Untuk lebih lengkapnya silahkan Download

Download juga bukunya :

BUKU AKIDAH AKHLAK KELAS 1 2 3 4 5 6 MI (KMA 183)

BUKU AL-QUR'AN HADIS KELAS 1 2 3 4 5 6 MI (KMA 183)

BUKU BAHASA ARAB KELAS 1 2 3 4 5 6 MI (KMA 183)

BUKU FIKIH KELAS 1 2 3 4 5 6 MI (KMA 183)

BUKU SKI KELAS 3 4 5 6 MI (KMA 183)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel